Game DOOM Dirilis untuk Android dan iOS

Trilogi game Doom jadul - Doom, Doom 2, dan Doom 3 - belum lama ini dirilis ulang di Nintendo Switch, PlayStation 4, Xbox One, dan perangkat seluler berbasis iOS dan Android. Hal tersebut diumumkan oleh perwakilan id Software (pengembang game Doom) di acara QuakeCon 2019 (konferensi tahunan yang diadakan oleh id Software).


Meskipun sudah tersedia di iOS sejak 2009, ini adalah pertama kalinya game Doom diporting secara resmi untuk Android. Game yang pertama kali dirilis tahun 1993 tersebut menghadirkan semua konten aslinya ditambah konten dari ekspansi Thy Flesh Consumed. Khusus Doom 2, kita bisa memainkan Master Levels dan beberapa level tambahan yang dibuat oleh komunitas dan dikuratori oleh pengembang game.

Bagaimana dengan Doom 3? Berbeda dengan dua game pendahulunya, Doom 3: BFG Edition sudah muncul di Google Play Store sejak 2015 sebagai versi remaster untuk Android TV. Karena menerima bantuan teknis dari raksasa grafis komputer Nvidia, Doom 3 akhirnya menjadi judul eksklusif untuk Nvidia Shield TV dan Shield Tablet saja (tidak tersedia untuk perangkat Android lain, setidaknya sampai saat ini).


Saat artikel ini diketik, Doom dan Doom 2 sudah bisa dibeli dan diunduh dari Google Play Store. Dibeli? Iya, memang tidak gratis, sob. Keduanya masing-masing dihargai 70 ribu rupiah. Cukup mahal untuk ukutan game jadul dengan grafis seadanya, namun kadang bagi sebagian orang, nostalgia itu tiada ternilai harganya 😀