Cara Install WhatsApp UWP di Windows 10 dan 11 - Ringan dan Hemat RAM

Aplikasi WhatsApp untuk Windows yang beredar saat ini merupakan WhatsApp versi web yang dibingkai dengan Electron.

Buat yang belum tahu, Electron adalah sebuah framework yang berguna untuk membuat aplikasi desktop dengan teknologi web seperti HTML, CSS, dan JavaScript.

Oleh karena itu, aplikasi desktop milik Facebook Meta tersebut memakan begitu banyak RAM layaknya browser yang sedang membuka beberapa tab.

Untuk meningkatkan performanya di Windows, WhatsApp kini tengah mengembangkan aplikasi berbasis UWP (Universal Windows Platform) untuk Windows 10 dan Windows 11 tentunya.

Pasang WhatsApp Beta UWP untuk Windows

Mengingat UWP hanya bisa dipasang di Windows 10 atau yang lebih baru, pengguna Windows XP, Vista, 7, 8, dan 8.1 masih bisa memasang aplikasi WhatsApp desktop versi Electron seperti biasanya (aplikasi WA yang sehari-hari kita gunakan di PC atau laptop).

Untuk pengguna Windows 10 (minimal versi 18362.0) dan Windows 11, aplikasi WA desktop UWP bisa dipasang berdampingan dengan aplikasi WA desktop biasa (Electron). Jadi kita bisa membandingkan performa keduanya secara langsung, sob.

Oke, untuk artikel ini saya akan mencoba memasang WhasApp Beta versi UWP di laptop Windows 11.

Download WhatsApp UWP dari Microsoft Store

  1. Aplikasi WhatsApp UWP masih berstatus beta saat artikel ini diketik. Untuk mengunduhnya, silakan kunjungi laman Microsoft Store berikut ini melalui browser favoritmu: WhatsApp Beta.
  2. Setelah itu klik tombol "Dapatkan" yang terletak di sebelah kiri layar dan kita akan diarahkan ke aplikasi Microsoft Store.
  3. Di sana klik tombol "Dapatkan" atau "Get" (tergantung pengaturan bahasa PC atau laptop masing-masing) sekali lagi untuk mengunduh aplikasi WhatsApp Beta UWP.
  4. Saat proses pengunduhan selesai, kita bisa menjalankan aplikasi WhatsApp beta UWP langsung dari Microsoft Store ataupun Start menu.

Login WA Desktop UWP

  1. Cara login WhatsApp UWP tak ubahnya login ke WhatsApp desktop reguler atau WhatsApp web.
  2. Langsung klik saja tombol "Get started" lalu pindai kode QR yang muncul dengan aplikasi WA di smartphone. Caranya buka menu tiga titik → Linked devices → Join Multi-Device Beta (bila belum) → Link a device → scan QR code. Selesai.

Fitur-fitur WhatsApp Beta UWP

Secara tampilan, WA UWP terkesan lebih minimalis, sesuai dengan antarmuka Windows modern, namun tanpa ada warna hijau khas WhatsApp sama sekali (kecuali di gelembung chatnya - mungkin di versi selanjutnya bakal dikasih ijo-ijo yang lebih banyak lagi 😁).

Fiturnya memang belum selengkap WA desktop reguler, sob, namun ada beberapa fitur unik WA UWP yang layak untuk dicoba. Misalnya fitur drawing, otomatis jalan saat login ke Windows, nada notifikasi yang bisa diubah dan dipersonalisasi di masing-masing kontak atau grup, dsb.

Oiya, sama halnya dengan WA reguler versi beta, WA UWP beta ini juga sudah mendukung fitur multi device, yang berarti kita bisa pakai WA di PC atau laptop tanpa perlu bergantung pada koneksi WA di smartphone.

Dibandingkan versi regulernya, WA UWP jelas lebih ringan, sob. Mulai dari startup sampai ketika idle di latar belakang, RAM yang dipakai WA Beta UWP lebih minim daripada WA reguler. Cek screenshot berikut.

Kekurangan WA UWP Beta Saat Ini

Namanya masih beta, sob, jadi masih ada beberapa fitur yang absen pada aplikasi WhatsApp versi UWP ini.

Di versi yang saya coba tersebut, WA UWP belum dilengkapi fitur update status, sama halnya dengan versi regulernya, tapi ini lebih parah, fitur untuk sekedar melihat status pun belum hadir.

Selain itu, kirim sticker dan pesan suara juga belum ada, begitu pula dengan tema gelap. Wajar, sob, masih beta ini. Ke depannya fitur-fitur tersebut pasti akan dihadirkan oleh WhatsApp. Kita tunggu saja update selanjutnya 😉