Mematikan Panel Emoji yang Muncul Otomatis di Telegram Desktop

Telegram Desktop adalah aplikasi Telegram yang khusus dibuat untuk perangkat desktop macam PC atau laptop. Selain Windows, Telegram Desktop juga tersedia untuk perangkat dengan sistem operasi berbasis Linux dan MacOS.

Salah satu hal yang paling menyebalkan dari Telegram Desktop adalah kemunculan panel emoji secara otomatis saat kursor mouse melewati ikonnya.

Iya, ikon emoji di Telegram Desktop sangatlah sensitif. Begitu kursor mouse kita lewat situ, jendela berisi kumpulan emoji kuning akan mencuat tanpa diminta, seakan menertawakan kita yang kesal karena kemunculannya 🙄

Apakah itu semacam bug? Menurut developer aplikasi Telegram Desktop, itu bukanlah bug, sob, melainkan memang didesain seperti itu. Namun menurut saya, dan juga banyak pengguna yang lain, itu adalah hal paling menyebalkan dari Telegram Desktop, seperti yang sudah saya singgung tadi.

Kabar baiknya, belum lama ini Telegram memperkenalkan experimental settings, yang salah satunya berfungsi untuk mencegah kemunculan panel emoji saat kursor mouse lewat. Bagaimana cara mengaktifkannya?

Agar Jendela Emoji Tidak Muncul Saat Mouseover

Mudah sekali, sob. Cukup dengan mengaktifkan opsi yang bernama "Show tabbed panel by click" yang bisa diakses lewat Settings → Advanced → Experimental settings.

Setelah itu, panel Emoji/Sticker/GIF hanya akan muncul saat kita klik ikon emoji, dan tidak akan muncul otomatis meski mouseover. Beres sudah.

Perlu diperhatikan bahwa experimental settings, seperti namanya, hanyalah pengaturan yang dibuat sebagai uji coba alias eksperimen. Kalau hasilnya bagus, banyak yang pakai, bisa jadi pengaturan tersebut akan naik pangkat dan bersanding dengan pengaturan umum Telegram Desktop lainnya.

Sebaliknya, bila pengaturan tersebut dianggap kurang berguna dan jarang digunakan, kemungkinan dihapus akan sangat besar, atau paling tidak dinonaktifkan meski opsinya masih ada.

Tenang saja, sob. Opsi "Show tabbed panel by click" sebenarnya sudah lama tersedia di experimental settings Telegram Desktop. Bila tak salah hitung, sudah melewati 3 sampai 4 kali update dan tetap bertahan di sana. Artinya apa? Kemungkinan opsi itu tetap dipertahankan. Yakin? Kita tunggu saja kabar selanjutnya 😊