Chrome Tidak Bisa Mengingat Level Volume Audio di Windows?

Kurang lebih sudah dua tahun saya pakai Firefox sebagai browser default. Penyebabnya sepele, Chrome selalu mengeset volume audionya ke 100% di volume mixer Windows.

Meski volume sudah diatur ke 30% misalnya (pakai EarTrumpet), setelah semua tab ditutup atau restart Windows, volume audio Chrome akan kembali ke 100%. Itulah yang "kadang bikin aku kesal". Pakai headphone, putar Spotify di Chrome, dan duaaarrrrr 100%, lupa kalau volume belum diturunin, kuping langsung kena mental.

Normalnya, semua software Windows, termasuk browser maupun game, akan mengingat pengaturan level volumenya masing-masing walau setelah Windows shutdown atau restart sekalipun. Namun hal itu tidak terjadi di Chrome (dan browser berbasis Chromium lainnya, termasuk Edge, Opera, Brave, Vivaldi, dsb.) yang terpasang di Windows laptop saya.

Masalah itu terjadi sejak Windows 10 sampai Windows 11. Begitu update ke Windows 11 22H2 yang rilis bulan Oktober 2022 ini, tiba-tiba semua kembali normal. Chrome bisa mengingat kembali level volume yang sudah saya setel, sob. Begitu pula dengan Edge dan beberapa browser berbasis Chromium yang saya coba, semuanya tak lagi mengejutkan telinga.

Walau demikian, sampai saat ini saya masih belum yakin. Apakah masalah level audio tersebut benar-benar disebabkan oleh Windows, Chrome, atau bahkan laptop saya sendiri? Mengingat setelah sekian tahun akhirnya (secara tidak sengaja) saya mengupdate BIOS laptop ini bersamaan dengan update Windows 11 22H2.

Sebagai informasi saja, saya bertahan di BIOS lama karena BIOS baru laptop saya sudah menutup akses undervolt prosesor (karena alasan keamanan). Berhubung BIOS baru ini ternyata mampu membuat prosesor tetap dingin meski tanpa undervolt, kali ini saya memutuskan untuk tidak downgrade BIOS setelah major update Windows.

Terlebih lagi, ketika Windows dapat update besar macam 2H22 kemarin, beberapa driver, termasuk driver audio, biasanya ikutan kena update. Jadi mungkin saja driver audio laptop saya penyebab semua masalah ini.

Semua itu hanya asumsi saya, cuma menduga-duga. Bila Anda mengalami masalah yang sama, silakan coba update Windows Anda ke versi terbaru, kemudian update juga driver audionya, dan yang paling penting, update juga Chrome beserta teman-temannya (Edge, Opera, Brave, dkk). Semoga bermanfaat 😊