Game Android yang Support Gamepad Edisi Sepak Bola

Buat yang belum tahu, tidak semua game Android itu bisa dimainkan dengan gamepad, joystick, atau controller. Kenapa? Karena pada dasarnya, setiap game Android, khususnya game untuk ponsel Android, selalu didesain untuk dimainkan dengan layar sentuh.

Meski begitu, dalam jumlah yang lebih sedikit dibanding game layar sentuh, sejumlah game Android hasil port dari platform lain (dari PC atau konsol), biasanya sudah dilengkapi kemampuan untuk dimainkan dengan gamepad. Saya sebut "biasanya" karena memang tidak semua game portingan support gamepad, sob.

Selain itu, saya bisa pastikan semua emulator konsol yang beredar di Play Store juga mendukung penggunaan gamepad. Sebut saja PPSSPP, DuckStation, dan juga AetherSX2. Ketiga emu tersebut sudah saya coba untuk memainkan game Tekken dari berbagai macam konsol dan handheld.

Nah, untuk artikel ini, saya sudah mencoba memainkan berbagai game Android bertema sepak bola dan memilih 10 di antaranya sebagai sampel terbaik untuk game yang bisa dimainkan dengan gamepad.

Versi videonya sudah tayang di channel YouTube Memudahkan, dan tak lupa saya sematkan di sini.

Silakan tonton video di atas atau baca ulasan singkat untuk masing-masing game di paragraf selanjutnya (sudah dilengkapi dengan link download).

Football League 2023

Salah satu fitur yang paling menonjol dari Football League 2023 adalah kontrol yang sangat intuitif. Pemain dapat dengan mudah mengontrol gerakan pemain dan melakukan tendangan dengan menggunakan gamepad atau controller.

Selain itu, game ini juga dilengkapi dengan berbagai pilihan formasi, taktik, dan strategi yang dapat digunakan oleh pemain untuk mengalahkan lawan. Fitur-fitur ini membuat Football League 2023 menjadi game sepak bola Android yang sangat menyenangkan untuk dimainkan.

Natural Soccer

Natural Soccer mungkin terlihat sebagai game yang sederhana dari segi grafis. Namun dibalik itu, Natural Soccer adalah game yang menyajikan pengalaman yang realistis dan menegangkan, sehingga cocok dimainkan oleh semua penggemar sepak bola.

Kalau terasa klasik, kalian tidak salah, sob. Natural Soccer adalah game yang terinspirasi dari game retro seperti Kick Off 2 dan Sensible Soccer. Natural Soccer adalah game satu-satunya yang berbayar di artikel ini, versi demonya ada di APKPure.

Stickman Soccer 2018

Stickman Soccer 2018 adalah game sepak bola yang memiliki gaya arcade dengan stickman sebagai pemainnya. Game ini menawarkan grafis yang halus dan animasi yang menakjubkan, serta kontrol yang mudah digunakan.

Dalam game ini, pemain dapat memilih dari lebih dari 150 tim sepak bola yang berbeda dan mengarahkan tim tersebut menuju kemenangan.

Game ini juga memiliki fitur baru seperti kartu kuning/merah, tombol sprint, rekaman slow motion, sundulan kepala, tendangan bebas, stadion yang luar biasa, dan opsi untuk menyesuaikan tim dan pemain.

Turbo League

Bosan dengan game sepak bola yang biasa saja? Turbo League wajib dicoba, sob. Turbo League adalah game sepak bola arcade yang menawarkan pengalaman bermain yang unik dan menyenangkan.

Game ini menawarkan beragam mobil futuristik yang dapat digunakan untuk bermain sepak bola. Terdapat beragam mode permainan di dalamnya, mulai dari pertempuran satu lawan satu hingga pertandingan tim, serta berbagai pilihan kustomisasi mobil untuk menyesuaikan dengan gaya permainan.

Dengan grafis yang indah dan kontrol yang mudah, Turbo League menjadi pilihan yang menyenangkan bagi para pencinta sepak bola yang mencari sesuatu yang berbeda dari game sepak bola pada umumnya.

Super Soccer Champs '22

Mirip Natural Soccer, Super Soccer Champs '22 adalah sebuah game sepak bola yang menawarkan pengalaman bermain bola klasik dengan grafis retro yang menarik. Game ini memiliki kontrol yang unik dan sederhana. Dalam game ini, pemain dapat memilih tim favorit mereka dan bermain melawan tim lain dalam berbagai mode permainan.

Super Soccer Champs '22 juga menawarkan pengalaman bermain yang menyenangkan dan menantang, dengan mekanika permainan yang menyegarkan. Grafis retro dan suasana permainan yang santai membuat game ini cocok bagi semua usia dan tingkat pengalaman.

Meta Football

Game yang lebih condong ke futsal ini dulunya bernama Extreme Football. Menawarkan grafis 3D yang menarik serta desain karakter yang menawan.

Pengendaliannya cukup mudah, apa lagi kalau pakai stik. Hanya saja, saat saya mainkan, game Meta Football masih dihuni oleh beberapa bug yang cukup mengganggu. Contohnya adalah posisi bola yang jauh dari pemain saat kick off 🤦‍♂️ Semoga bisa diperbaiki pada update selanjutnya.

Mini Football

Seperti namanya, Mini Football diisi oleh para pemain dengan tampilan yang mini. Sekilas mirip Stickman Soccer, tapi grafis pemainnya sedikit lebih realistis.

Memainkan game ini terasa begitu menyenangkan karena kesederhanannya. Tidak perlu pusing mikirin taktik, jurus, atau bahkan adu mekanik yang berlebihan. Cukup unduh dan mainkan saja, dan kalian akan tenggelam dalam keasyikan bermain game bola tanpa kehilangan esensi sepak bola yang sebenarnya.

Super Arcade Football

Secara grafis, Super Arcade Football menyuguhkan tampilan retro nan pixelated. Iya, bisa dibilang mirip dengan Super Soccer Champs '22. Bedanya, Super Arcade Football memiliki mode story yang memungkinkan kita untuk mengikuti kisah Martin dalam usaha menyelamatkan klub bola favoritnya, Balarm F.C, dari kebangkrutan.

Menariknya lagi, game ini juga mendukung mode multiplayer online sekaligus offline. Jadi selain berkompetisi secara online, kita juga bisa main santai sambil ngopi di mode offlinenya.

World League Live! Soccer

Mungkin ini bukan game sepak bola yang biasa kita temui di Android, ada unsur Shaolin Soccer di dalamnya, sob. Bukan melulu tentang kungfu dan komedi, World League Live! Soccer hanya mengambil jurus tendangan bola yang berbumbu aksi dengan menekan tombol tertentu di saat yang tepat.

Untuk formatnya sendiri lebih mirip futsal, di mana sejumlah pemain berebut bola di lapangan sempit tanpa ada aturan bola keluar. Uniknya, kita bisa memainkan World League Live! Soccer secara online sambil video call dengan teman main kita, sob, tapi pastikan dulu koneksi internet kita benar-benar stabil untuk mendapatkan pengalaman bermain online yang lebih baik.

Rocket League Sideswipe

Rocket League Sideswipe adalah sebuah game mobile dari franchise Rocket League yang dikembangkan oleh Psyonix. Game ini bisa disebut sebagai game bola futuristik yang menawarkan pengalaman bermain bola yang cepat dan intens.

Di Rocket League Sideswipe, pemain akan berkendara dengan mobil dan bersaing untuk memasukkan bola ke gawang lawan. Game ini memiliki mekanisme yang sederhana dan mudah dimainkan, namun tetap menantang bagi pemain.

Super Shot Soccer

Bukan game Android, melainkan game PlayStation 1. Sekedar nostalgia, sob 😄. Iya, Super Shot Soccer adalah game sepak bola dengan aura Shaolin Soccer yang kental.

Game yang dikembangkan Tecmo tersebut dirilis setahun setelah film Shaolin Soccer tayang, tepatnya saat Piala Dunia 2002 berlangsung. Walau bukan game Android, kita tetap bisa memainkan Super Shot Soccer dengan DuckStation. Bagaimana keseruannya, silakan simak video di atas 😉