Sejarah Game Tekken | Main di Android

Bicara mengenai game gelut, yang pertama terlintas di benak saya tentu saja game Tekken 3 di PlayStation. Padahal sebelumnya, saya juga pernah main game fighting lain seperti Teenage Mutant Ninja Turtles: Tournament Fighters di NES dan Ultimate Mortal Kombat 3 di SNES.

Kedua game tersebut bukanlah game jelek. Namun bagi saya, Tekken 3 adalah game fighting terbaik sepanjang masa, sob. Bahkan saya sempat mempunyai keinginan untuk menamatkan semua game Tekken, mulai dari Tekken 1 sampai Tekken 7, serta juga Tekken 8 dan seterusnya nanti kalau sudah dirilis.

Sudah tamat semua, min? Sampai artikel ini diketik, baru Tekken 3 dan Tekken 7 yang sudah saya tamatkan mode story-nya, sob. Untuk yang lain masih sebatas angan-angan 😅

Walau demikian, belum lama ini saya telah memainkan game Tekken 1 sampai Tekken 7 di ponsel Android, sembari ngoceh sedikit tentang sejarah game Tekken dari masa ke masa. Bagaimana cara saya melakukannya? Simak video dari channel YouTube Memudahkan berikut ini.

Tekken Pertama

Untuk Tekken 1, Tekken 2, dan Tekken 3, saya menggunakan DuckStation Android rilisan Oktober 2021.

Game ini dirilis untuk Playstation tahun 1995, dan termasuk sebagai salah satu game tiga dimensi pertama yang berjalan di 60 frame per second. Sementara game-game lain saat itu masih bertahan di 30 fps saja, sob.

Font yang digunakan mengingatkan saya pada Word Art di Microsoft Word, design is my passion lah pokoknya.

Ini pertama kalinya saya main Tekken satu. Gameplay-nya tidak jauh beda dengan Tekken 3, game Tekken pertama yang saya mainkan.

Dari segi grafis jelas masih lebih kotak-kotak dibandingkan Tekken 3 ya, bisa dimaklumi, namanya juga game pertama.

Tekken 2

Lanjut ke sequelnya, yaitu game Tekken 2, yang dirilis setahun setelah Tekken pertama.

Game ini termasuk game best seller, sob di era awal-awal kejayaan PlayStation satu, terjual sekitar 5 juta copy di seluruh dunia, itu belum termasuk yang bajakan, ya.

Sekilas tampilannya mirip dengan yang pertama, termasuk font yang digunakan masih ala-ala Word Art, tapi yang ini sudah pakai italic, sob.

Secara gameplay masih terasa sama dengan pendahulunya. Semakin mirip dengan Tekken 3, ditambah lagi dengan beberapa gerakan combo baru yang absen di Tekken pertama.

Gerakan karakter terlihat lebih halus. Begitu pula dengan tampilan karakternya, meski masih kotak-kotak, tapi sudah ditingkatkan di berbagai aspek, sehingga bisa dibilang lebih baik dari Minecraft 😁

Backgroundnya masih mengusung gambar dua dimensi yang bibuat seolah-olah tiga dimensi.

Di Tekken 2 ini, berbagai mode baru mulai diperkenalkan, seperti mode Survival, Team Battle, dan Time Attack.

Tekken 3

Game ini sering didengungkan oleh kritikus game dan para fans, termasuk saya sendiri, sebagai game fighting terbaik di PlayStation pertama.

Dirilis pada tahun 1998 untuk PS satu dan terjual lebih dari 8 juta kopi di seluruh dunia, lagi-lagi belum termasuk bajakannya.

Tampilan font sudah jauh lebih baik, realtif sulit untuk ditiru menggunakan Microsoft Word.

Secara garis besar konsep gameplaynya masih sama dengan Tekken 2, tapi tentu saja, banyak improvisasi yang diterapkan di game ini.

Yang paling terlihat adalah peningkatan kualitas grafis dan animasi pertarungan yang kini makin realistis. Oiya, ketinggian lompatan karakter sudah dikurangi di Tekken 3 ini.

Selain itu, karakter Tekken 3 sudah bisa digerakkan secara tiga dimensi, bisa mendekati dan menjauhi layar.

Bila dibandingkan dengan Tekken 1 dan 2, level kesulitan untuk melawan CPU atau AI di Tekken 3 sedikit diturunkan, sob.

Sehingga pemain bisa lebih mudah menamatkan mode story, termasuk mengalahkan raja terakhir dengan cara yang lebih menyenangkan.

Kalau dirasa kurang menantang, kita bisa memilih level kesulitan tertinggi Tekken 3 di menu Option.

Tekken 4

Untuk memainkan Tekken 4 dan Tekken 5, saya menggunakan AetherSX2. Di sini saya pakai versi terbaru yang diupdate pada bulan Oktober 2022. Settingan standard optimal, resolusi native 1x.

Tekken 4 dirilis pada awal abad ke-21, tepatnya tahun 2002, untuk konsol Playstation 2. Masih dikembangkan dan dipasarkan oleh NAMCO.

Tampilan menunya sudah modern, didominasi warna kebiruan, dengan pilihan font yang sudah modern pula.

Untuk gameplay banyak perubahan signifikan di Tekken 4 ini, walau intinya masih sama saja dengan game sebelumnya.

Secara grafis Tekken 4 jelas lebih maju, karena ini sudah eranya PS2, sob. Pencahayaan kini jadi dinamis, gerakan karakter jadi lebih smooth, detailnya lebih dapet, tapi terkesan lebih lamban menurut saya.

Stagenya sudah tiga dimensi dan lebih interaktif. Selain itu, Ini adalah satu-satunya game Tekken yang stage-nya tidak selalu rata, jadi ada tanjakan dan turunannya, lebih jelasnya silakan tonton video di atas.

Tekken 5

Biar tampilannya lebih bagus, saya mengubah screen ratio game ini dari 4:3 ke 16:9. Selain itu, saya juga mengatur video mode ke progresif agar tampilan game lebih tajam.

Tekken 5 dirilis sekitar 3 tahun setelah Tekken 4, bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-10 dari seri game Tekken.

Game ini dinilai cukup sukses untuk ukuran game PS2, terjual lebih dari delapan juta kopi, hampir identik dengan penjualan Tekken 3 di PS satu.

Banyak yang bilang kalau Tekken 5 ini back to the roots atau kembali ke akarnya. Contohnya sistem pertarungan yang lebih cepat dari Tekken 4 tapi tetap mulus seperti Tekken 3.

Di samping itu, ini adalah seri Tekken pertama yang memungkinkan kita sebagai pemain, untuk mengkostumisasi karakter, seperti ganti kostum dan juga warnanya.

Satu lagi, sob, game ini juga memperkenalkan efek lantai pecah ketika karakter jatuh, lebay memang, tapi lumayan keren.

Iya, bisa dikatakan bahwa Tekken 5 adalah penawar kekecawaan fans terhadap kegagalan Tekken 4 mempertahankan marwahnya. Apakah kalian setuju?

Tekken 6

Sejatinya game ini dibuat untuk Playstation 3, tapi sampai video ini diunggah, belum ada emulator PS3 untuk Android yang proper.

Oleh karena itu, saya menggunakan PPSSPP untuk memainkan Tekken 6 versi PlayStation Portable.

Game ini dirilis tahun 2009 di PS3 dan PSP. Penjualannya lumayan saja, sekitar 3 jutaan kopi.

Yang baru di Tekken 6 adalah rage system. Singkatnya, rage akan aktif saat darah karakter tinggal sedikit sob, ditandai dengan munculnya aura merah di tubuh karakter dan meteran darah, yang mengakibatkan damage serangan meningkat beberapa persen.

Dibandingkan seri-seri sebelumnya, jumlah stage di Tekken 6 ternyata melimpah ruah, totalnya ada 61 stages, empat kali lebih banyak dari Tekken 5. Jadi ga ngebosenin, tiap main hampir bisa dipastikan ganti stage.

Untuk versi PSP ini, tidak ada replay seusai pertarungan, beda dengan versi PS3 atau Xbox 360. Kabarnya karena keterbatasan kemampuan hardware PSP saat itu.

Tekken 7

Dan sampailah kita pada seri Tekken terbaru saat artikel ini dibuat, benar, inilah Tekken 7.

Saat ini tentu saja belum ada Tekken 7 untuk Android, maka dari itu saya memainkan game Tekken 7 lewat NVIDIA GameStream di laptop, yang diteruskan ke aplikasi Moonlight di Android.

Ini adalah game Tekken pertama yang pakai Unreal Engine. Dirilis tahun 2017 di PS4, Xbox One, dan juga Windows.

Percaya tak percaya, Tekken 7 adalah game Tekken terlaris sepanjang sejarah, terjual lebih dari 10 juta kopi hingga Desember 2022 ini, mengalahkan penjualan Tekken 3, sob.

Ceritanya masih serupa dengan seri Tekken lainnya, yaitu daddy issues, konflik antara Kazuya Mishima dan bapaknya, Heihachi Mishima. yang sepertinya masih bakal lanjut ke Tekken 8.

Iya, dari kabar yang beredar, kemungkinan Tekken 8 juga mengetengahkan konflik yang sama, tapi melibatkan karakter yang berbeda, yaitu Jin dan Kazuya, yang juga merupakan anak dan bapak.

Dari segi grafis tidak perlu dipertanyakan lagi, sudah pasti Tekken 7 memiliki tampilan grafis paling ultimate sampai nanti Tekken 8 dirilis.

Fitur baru juga banyak, termasuk Rage Art dan Rage Drive. Salah satu fitur yang cukup kontroversial adalah Auto combo, tinggal pencet satu tombol bisa auto menang, sob. Namun tenang, fitur tersebut bisa dimatikan dan tidak bisa digunakan saat tournament.

Tekken 8?

Sambil menunggu perilisan Tekken 8, di video tersebut saya juga memainkan Tekken Mobile versi Java yang dirilis tahun 2010, dikenal juga dengan judul Tekken Resolute.

Di sini saya pakai J2ME Loader, aplikasi yang berguna untuk memainkan game-game Java.

Basis design game ini diambil dari Tekken 6. Iya, pada dasarnya game ini dibuat untuk media promosi Tekken 6 versi PS3, PSP, dan Xbox 360. Penasaran? Cek video di atas 😉

Oke, demikian dulu artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca sampai selesai dan salam Memudahkan 😊