Windows XP 2019 Edition: Sebuah Konsep

Berdasarkan data periset dari Kaspersky, Windows XP masih digunakan oleh 4 dari sepuluh pengguna Windows. Tidak mengherankan sebenarnya, mengingat betapa populernya sistem operasi besutan Microsoft tersebut pada zamannya. Apakah Anda salah satu pengguna Windows XP di tahun 2019 ini?


Bila iya, sudah saatnya untuk move on ke versi Windows yang lebih baru, sob. Minimal Windows 7 atau 8, lebih utama lagi, langsung upgrade ke Windows 10 😁. Iya, bagi kebanyakan pengguna komputer tahun 2000-an, Windows XP memang sudah mendarah daging, terutama tampilannya yang penuh warna cerah ceria. Berbeda sekali dengan Windows 10 yang cenderung berpenampilan gelap dan misterius.

Bagaimana ya seandainya Windows XP dirilis tahun ini, di tahun 2019 ini? Kira-kira seperti yang tergambar pada video berikut ini, sob.


Seperti nostalgia ya? Tombol start klasik yang khas Windows XP dengan sentuhan efek warna modern, boot screen dengan loading bar yang kadang kita hitung berapa kali si kotak biru lewat, welcome screen biru sejuk yang diiringi nada start up legendaris, dan tak ketinggalan wallpaper paling ikonik sepanjang versi Windows yang digambarkan bisa berganti tampilan siang malam.

Sebagai salah satu pengguna versi Windows rilisan tahun 2001 tersebut di masa lalu, video di atas cukup mewakili kerinduan saya, sob. Apalagi setelah sekian lama nyaman dengan Windows 7, 8, 8.1, dan (kini sedang mengetik menggunakan) Windows 10, bernostalgia dengan Windows XP rupanya memicu kenangan tersendiri yang tak akan mungkin terlupakan 🙄 (hilih lebay).