Cara Tiarap di Call of Duty Mobile Battle Royale - Multiplayer

Sepele ya sebenarnya, tapi repot juga kalau tidak ada. Buat yang baru main Call of Duty Mobile, ketiadaan tombol tiarap atau prone pasti menimbulkan pertanyaan. Apa di game ini karakternya tidak bisa tengkurap? Tak bisa jadi cacing, dong? 😁


Pada umumnya, game bergenre shooter, baik FPP maupun TPP, memiliki tombol yang berfungsi untuk loncat, jongkok, dan tiarap. Sebut saja PUBG Mobile, Rules of Survival, dan Free Fire, yang sama-sama punya ketiga tombol tersebut. Namun kenapa di CODM hanya dilengkapi dengan tombol loncat dan jongkok saja?


Pentingnya Tiarap


Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita bahas sedikit mengenai penting tidaknya tiarap. Untuk CODM mode multiplayer, rasanya tiarap tidak terlalu penting, sob. Map yang tidak terlalu luas cenderung mendorong pemain untuk aktif (bar bar) dan meninggalkan kebiasaan camping 😅 Kalau sniper? Sniper di CODM juga wajib aktif, karena posisinya sangat mudah ditebak/diketahui lawan. Lagi pula jongkok sudah cukup bagi sniper untuk bersembunyi di balik dinding atau benda lainnya.

Lain halnya dengan mode battle royale. Di game mana pun, termasuk CODM, tiarap bisa menjadi taktik andalan di lingkaran terakhir. Istilah yang sering dipakai adalah ngeprone atau jadi cacing, menyesuaikan gerakan karakter ketika tiarap di balik semak-semak. Dengan tengkurap, lawan akan relatif sulit mendeteksi keberadaan kita. Terlebih lagi, prone adalah posisi terbaik saat menembak karena bisa mengurangi recoil senjata.

Simpulannya? Penting ga penting sih, tergantung mode permainan yang kita pilih. Meski demikian, kita tetap bisa ngeprone di CODM tanpa perlu tombol khusus seperti game lainnya. Memangnya beneran bisa tiarap di CODM? Tentu saja bisa, sob.


Cara Prone di Call of Duty Mobile


Di CODM, kita bisa menemukan dua tombol utama untuk mengatur posisi tubuh karakter, yaitu tombol loncat dan tombol jongkok. Nah, rupanya tombol jongkok di CODM merupakan tombol multifungsi, sob. Selain untuk jongkok, tombol tersebut juga berguna untuk tiarap. Lalu bagaimana cara menggunakannya? Mudah sekali, sob. Untuk tiarap atau prone, kita hanya perlu menekan tahan (atau tekan lama) tombol jongkok. Setelah itu, cobalah berjalan dalam posisi tiarap, mirip cacing, kan? 🤣 Oiya, posisi tengkurap ini bisa digunakan di semua mode CODM, multiplayer maupun battle royale.



Uniknya, Call of Duty Mobile mengadaptasi sebuah gerakan yang terdapat pada game Call of Duty versi PC dan konsol, yaitu meluncur (sliding atau sleding kalau kata kid zaman now). Gerakan yang berguna untuk menghindari tembakan musuh tersebut bisa dilakukan dengan menekan tombol jongkok saat berlari (sprint).

Jadi di game CODM, tombol jongkok memiliki beberapa macam fungsi seperti jongkok, tiarap, dan slide. Hal itu tentu ada tujuannya, sob, salah satunya adalah efisiensi. Dengan menggabungkan beberapa tombol menjadi satu, tampilan HUD di CODM pastinya jadi lebih lega dan lebih rapi dari game-game lainnya. Selain itu, pandangan pemain menjadi sedikit lebih luas dan lebih mudah dalam mengingat posisi dan fungsi tombol-tombolnya 😉